HARI JADI PURBALINGGA YANG KE-188

Untuk Memperingati Hari Jadi Purbalingga Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan banyak sekali kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Tahun ini. Dinrumkim mengikuti serangkaian kegiatan dengan sangat antusias.

Salah satu serangkaian acara yang diselenggarakan yang diikuti oleh Dinas Perumahan dan Permukiman adalah Lomba Seni Karawitan di Pendopo Dipokusumo. Walaupun tidak juara kita tetap semangat untuk ikut melestarikan budaya seni Karawitan

Acara yang selanjutnya yang kami ikuti adalah Pawai Budaya, dengan Tema “Ujungan”. Dinrumkim hadir untuk meramaikan Euforia perayaan Hari Jadi Purbalingga. Ujungan adalah sebuah tradisi turun menurun yang diselenggarakan pada saat musim kemarau panjang. Karena pada musim ini para petani di desa tersebut sangat membutuhkan air utuk mengairi sawahnya. Menurut kepercayaan sebagian warga di desa tersebut, untuk mempercepat datangnya hujan, para pemain Ujungan harus memperbanyak pukulan kepada lawannya hingga terluka dan mengeluarkan darah.
Acara ritual tradisional ini dilakukan dengan cara adu pukul pada bagian kaki yang dilakukan sepasang laki-laki dewasa dengan menggunakan peralatan berupa sebilah rotan sebagai alat untuk memukul.

Semoga di Tahun Depan Purbalingga terus maju, menjadi kabupaten yang lekat akan kebersamaan dan gotong royong nya… SEMANGAT

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *